Generasi Muda Peternakan akan Terbang di ASEAN


      
     Perkembangan informasi, teknologi dan ilmu pengetahuan dewasa ini tidak lagi mengenal kawasan sektoral tetapi lebih menuju global, yaitu kemajuan yang harus disertai peningkatan sumber daya manusianya. Lintas sektor dan negara bukan lagi menjadi halangan untuk peningkatan kapasitas secara individu maupun kelompok. Terutama dalam bidang pendidikan tidak hanya harus belajar dikelas, tetapi belajar dinegara lain yang serumpun akan menjadi impian yang bakal tercapai sekarang ini. Generasi muda sudah saatnya sekarang melibatkan diri secara langsung dalam peningkatan kompetensi peternakan. Mengingat perkembangan ekonomi suatu negara dikatakan tergantung keinginan dan kemauan anak mudanya. Sudah saatnya pemikiran yang bersifat lokal dan individual ditinggalkan.

        Rabu, 10 September 2012 bertempat di ruang sidang dekanat Fakultas Peternakan IPB merupakan hari yang paling bersejarah bagi mahasiswa Fakultas Peternakan yang ikut serta dalam penggalangan dukungan untuk terbentuknya sebuah Networking yang sekarang tidak hanya di Indonesia saja melainkan ke negara-negara ASEAN yang akan dinamakan dengan SEAASS-NET (South East Asia Animal Science Student Network). Adapun Fakultas Peternakan yang ikut serta mengirimkan mahasiswanya untuk mendukung terbentuknya SEAASS-NET diantaranya adalah Universitas Islam Sultan Syarif Kasim Riau, Universitas Jambi, Universitas. Lampung, Institut Pertanian Bogor sebagai tuan rumah dan juga inisiator, Universitas Djuanda Bogor, Universitas Padjajaran, Universitas Jenderal Soedirman, Universitas Gadjah Mada, Universitas Islam Malang, Universitas Muhammadiyah Malang, Universitas Islam Lamongan, Politeknik Jember, Universitas Kanjuruhan Malang dan Universitas Mataram. Adanya kesepakatan yang ditandai dengan penandatanganan mendukung terbentuknya SEAASS-NET dari masing-masing universitas yang datang dapat membuktikan betapa penting dan manfaatnya jika SEAASS-NET segera terbentuk. Saat ini yang menjadi koordinator Indonesia adalah Amalia Ikhwanti, mahasiswi Fakultas Peternakan IPB.
Tujuan yang ingin dicapai
SEAASS-NET memiliki tujuan menjalin jalur komunikasi dan informasi antar mahasiswa peternakan se-Asia Tenggara untuk keperluan kerjasama di bidang akademik yang saling menguntungkan, mengkaji dan memberikan solusi terhadap isu-isu di bidang peternakan, memberikan kontribusi nyata terhadap masyarakat di bidang keilmuan peternakan. 

Kegiatan Khusus dan Umum
       SEAASS-NET memiliki kegiatan umum diantaranya menyusun data base keanggotaan  SEAAS-NET, membangun sistem informasi yang efektif dan efisien di bidang akademik dan kerjasama bagi anggota SEAAS-NET, mengembangkan kualitas mahasiswa anggota SEAAS-NET. Kegiatan khusus yang akan dilaksanakan adalah menyediakan informasi yang berkaitan dengan pertukaran pelajar, magang,  beasiswa, lowongan kerja, dan teknologi tepat guna, melaksanakan simposium terkait permasalahan global setiap tahun sesuai dengan kesepakatan anggota, mempromosikan SEAAS-NET ke seluruh universitas di Asia Tenggara,  dan melaksanakan kajian serta memberikan masukan kepada stakeholder untuk pengembangan peternakan atau kebijakan strategis.

      Dengan adanya SEAASS-NET  ini dapat menjadi wadah untuk mahasiswa peternakan untuk ikut serta membangun industri peternakan melalui karya dan hasil pemikiriannya yang dapat di-share ke seluruh mahasiswa peternakan anggota SEAASS-NET  kedepan dan memberikan solusi untuk isu-isu penting yang mengancam perkembangan peternakan. Anggota dapat mengikuti kegiatan seperti magang, annual meeting, simposium, Student exchange dan kegiatan lainnya ke universitas di negara lain yang tergabung dalam SEAAS-NET. Diharapkan dengan akan terbentuknya SEAAS-NET ini bisa meningkatkan peran mahasiswa peternakan dalam perkembangan industri peternakan terutama di Asia Tenggara. Networking ini paling tidak harus memiliki jargon yang kuat dalam MENYELAMATKAN PANGAN DUNIA yang saat ini permintaannya akan semakin terus meningkat. Oleh karena itu, dukungan dari semua pihak sangat diharapkan untuk terwujudnya jaringan keprofesian bidang peternakan ini sehingga dapat mencapai kerja yang maksimal dan bermanfaat untuk semua pihak.

Penulis : Heru Nugraha (PB ISMAPETI)

Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. ISMAPETI WILAYAH III - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger
ttp://kompiajaib.blogspot.com/ -->