Harga Pakan Naik, Peternak Sidrap Demo DPRD



    Karena harga pakan ayam melambung tinggi, Forum Persatuan Peternak Sidrap (FPPS) se-Kabupaten Sidenreng Rappang (Sidrap), Sulawesi Selatan, mendatangi kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sidrap, Senin (23/10/2012).

Mereka mendeask pemerintah membantu menurunkan harga pakan ayam yang naik signifikan selama tiga bulan terakhir ini.

 "Tiga bulan terakhir, nasib peternak ayam petelur di Kabupaten Sidrap sungguh memprihatinkan. Hal ini diakibatkan karena tingginya biaya produksi, harga pakan ayam naik drastis dari Rp 250 ribu per sak naik menjadi Rp 320 ribu per sak," ungkap koordinator aksi Irvan, di depan kantor DPRD, Senin (23/10/2012).

Tingginya harga pakan ayam, berbanding terbalik dengan harga telur ayam menurun darastis dari Rp 23.000 per rak, menjadi Rp 20.000 per rak. "Dari tiga bulan terakhir, peternak di Kabupaten Sidrap ini mengalami kerugian sekitar Rp 8,5 miliar per bulan. Jika kondisi ini terus berlarut-larut, akan berdampak sosial, ekonomi dan memicu peningkatan inflasi," kata Irvan.

Dalam aksi itu, Petani FPPS juga menggelar aksi treatrikal penindasan terhadap pengusaha telur. Padahal peternak ayam petelur di Kabupaten Sidrap terbesar kedua setelah pertanian di Kabupaten Sidrap.

Usai berorasi, para peternak meminta anggota DPRD keluar. Namun mereka belum juga mendapatkan tanggapan dan penjelasan dari perwakilan DPRD. Mereka pun mengancam akan menduduki kantor DPRD.

Sumber: KOMPAS
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. ISMAPETI WILAYAH III - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger
ttp://kompiajaib.blogspot.com/ -->